Wednesday 28 December 2016

Pengalaman Memakai Aplikasi OLX Indonesia, Ini Dia Tips Memilih dan Membeli Motor Bekas





Sebagai Warga Negara Indonesia yang baru menetap kembali setelah beberapa tahun meninggalkan tanah air tercinta demi mencari nafkah keluarga di Hong Kong, tentu ada banyak hal yang berubah. Secara langsung, perubahan tersebut mendorong saya agar segera beradaptasi dengan cepat. Salah satu faktor adaptasi adalah mengenai masalah transportasi.

Seperti negara maju lainnya, Hong Kong sudah difasilitasi oleh sarana transportasi yang canggih dan tertata. Banyak orang memilih angkutan umum seperti Mass Transit Railway (MTR), bus, tram, dan mikrolet. Bahkan untuk jarak dekat, masyarakat Hong Kong lebih suka jalan kaki. Jangan salah jika ada orang Indonesia berkunjung ke sana dan tercengang begitu melihat langkah-langkah kaki yang cepat. 

Ya, ini semua berkat kebiasaan yang ditanamkan oleh pemerintah yang tentunya didukung penuh oleh masyarakatnya. Dengan pola tertata tersebut, selama saya di Hong Kong, jarang sekali saya menemui kemacetan signifikan. Arus transportasi lancar, aman dan nyaman. Bahkan, jika ada bus yang mogok/terjadi kesalahan teknis, dalam hitungan menit, bus pengganti akan segera tiba. Mereka sungguh tahu, bahwa waktu adalah uang, bahwa menunggu adalah sesuatu yang sangat menyebalkan. #eh

Lain Hong Kong, lain Indonesia. Jangan tanya seperti apa sistem transportasi di Indonesia karena kawan sudah pahami betul bagaimana. Beberapa minggu di Indonesia, saya mulai kelimpungan soal transportasi. Bukan salah saya juga jika memilih lokasi yang jauh dari pusat keramaian sehingga kesulitan trasnportasi. Meski sekarang booming ojek online yang bisa antar langsung ke lokasi tanpa khawatir nyasar, kalau sering banget pakai jasa tersebut mah lama-lama tabungan saya abis atuh.  Untuk itulah, saya berencana membeli sepeda motor yang akan membantu saya piknik tipis-tipis. 

Sebagai emak-emak yang dari sananya ditakdirkan ngirit, membeli sepeda motor bekas adalah ide yang paling ajib. Keuntungan membeli sepeda motor bekas itu selain bisa dicoba dulu, harga yang ditawarkan pun murah dan terjangkau. Kalau motor gak sreg di hati, kan bisa dibatalin. Misal harga asli motor 14 juta, harga motor bekas 8 juta. Nah, kan ngirit 6 juta tuh. 6 juta tersebut bisa dialokasikan untuk hal lain yang lebih bermanfaat atau dibelikan kebutuhan rumah lainnya. Beda dengan beli baru. Udah mah gak bisa dicoba, harganya mahal, apalagi dicicil, proses surat menyurat yang butuh waktu, kalau nyesel, masa iya sih dijual lagi. 

Jadilah saya bertekad membeli motor bekas. Namun, ternyata membeli motor bekas itu gak segampang membalikkan telapak tangan. Apalagi mencari barang bekas yang masih kayak baru, beuuhh, seribu banding sepuluh kali. Kayak baru itu seperti bodinya masih mulus, spidometer masih rendah, gak banyak aksesori tambahan. Penting pula untuk melihat kapan motor itu dibeli. Kalau motornya keluaran 10 tahun yang lalu meski harganya murah mah ya, mending jangan. Jangan-jangan baru dipakai sebulan sudah turun mesin. Siapa yang rugi coba? Bukan untung tapi bunting. Heuheu …Tapi bukan saya jika gak dicoba dulu sampai ketemu.

Tips membeli motor bekas pertama yang saya lakukan ketika ingin membeli motor bekas adalah siapkan budgetnya. Saya tidak berpikir model apa sebab baik motor matic, dua tak, pitak atau kopling sekalipun, Insya Allah saya bisa. *Gaya dikit hahaha

Hal kedua yang saya lakukan adalah bertanya ke tetangga, kerabat dekat, ibunya teman anak saya yang pada suka nongkrong kalau jam jemput sekolah. Logikanya begini, jika meminta bantuan kepada mereka, masa iya sih, bakal dipilihin motor yang abal-abal alias gak layak pakai. Jika begitu, berarti tetangga, kerabat dekat, ibunya teman anak saya yang pada suka nongkrong kalau jam jemput sekolah itu ternyata tukang tegaaaaa. 

Usaha lain adalah kamu bisa datangi dealer motor bekas. Tapi untuk tips ini, saya gak rekomendasikan ya. Soalnya menurut saya, jatuhnya tetap aja mahal. Demi pencarian motor, saya sudah survey ke 3 dealer motor bekas. Dan begitu hasilnya meski banyak pilihan berjejeran. Hehehe. Pusing juga ya.

Ikhtiar lain yang lakukan adalah dengan mendownload aplikasi jual beli barang bekas atau yang dikenal aplikasi OLX Indonesia. Di aplikasi tersebut, banyak sekali barang bekas yang ditawarkan. Dari mulai rumah, mobil, motor bahkan sampai perabot rumah tangga. Jadi tiap harinya saya punya pekerjaan khusus, yaitu pantangin terus aplikasi tersebut biar saya bisa pilih motor yang sesuai kriteria. Cari yang sekitaran daerah tempat tinggal kamu biar gak kejauhan kalau mau lihat barangnya dan tawar menawar harga.

Mencari di aplikasi ini, kamu jangan sampai tertipu dan terbuai oleh oknum-oknum yang memanfaatkan aplikasi. Contohnya saja ketika saya nemu motor dengan harga miring pakai banget. Dari deskripsi sepertinya yahud punya. Tapi begitu ditanya ke si penggugah foto yang katanya bekerja sebagai dokter pindahan dari Jakarta di rumah sakit terkenal Lampung (orangnya kirim foto KTP dan tanda pengenal lain), jawabnya motor dibawa ke Lampung. Di Lampung gak dipakai karena sudah disediakan kantor. Lihainya, dia menawarkan 50:50. Pembeli harus membayar dulu setengahnya baru motor dikirim ke alamat pembeli. Tapi setelah saya kroscek ke rumah sakit, memang ada nama tersebut tapi Pak Dokter itu jujur kalau dia gak pernah merasa menjual motor. Sudah dipastikan ini adalah oknum penipu. 

Belum lagi ada yang ngaku Polisi. Katanya sedang ada tugas dinas di Bandung gak bisa pulang ke Depok dalam waktu dekat. Motornya dibawa. Ditanya Bandung mana biar keluarga yang lihat, jawabnya udah dijual ke tadi yang nawar. Kan kelihatan banget ngelesnya. Duhh …

Finally, setelah pencarian cukup panjang. Di sebuah pagi yang indah, saya menemukan motor murmer dengan spesifikasi idaman, baru beberapa menit yang lalu diunggah. Bodi terlihat mulus, spidometer masih rendah karena jarang dipakai, baru dibeli 9 bulan yang lalu, mesin dan aksesori masih original, warnanya hitam dan harganya pun sesuai dengan kocek. Mantap suratab pokoknya. Tanpa menunggu lama, segera saja saya komunikasi dengan penjualnya dan berniat ingin melihat kondisi motor dan memastikan kebenaran deskripsi yang ia gambarkan. Hoax or no. Begituuu … 

Di antar abang ojek online, saya pun mendatangi rumah penjualnya di kawasan Pamulang, Tangerang Selatan. Di perjalanan, si abang tanya mau ke mana. Saya ceritakan aja jujur. Karena saya cewek, apalagi baru beberapa minggu di Indonesia, perihal motor, sebenarnya saya blank. Saya pun meminta bantuan si abang untuk memeriksa kualitas motor bekas tersebut. Untung si abangnya baik hati. Begitu tiba di lokasi, kakak yang punya motor tidak ada. Tugas dilimpahkan ke adiknya yang saat itu lagi ada di rumah. Si abang bantu saya cek motor. Spesifikasi yang dideskripsikan sesuai banget dengan kenyataan. Saya juga suka. Pas dinyalain, mesinnya halus. Maka saya coba menawarnya. Sayangnya, si yang punya gak mau dikurangi lagi, saya bilang pikir-pikir dulu mau rembugan sama keluarga. Tak lupa saya foto motor tersebut untuk dipamerkan ke keluarga saya.

Setelah sampai di rumah, kakak sepupu dukung 100%. Jadilah saya menghubungi kembali si Mpunya motor. Saya bilang setuju dengan harga terakhir penawaran dan memintanya mengantar ke rumah karena saya belum bisa bawa motor, untuk masalah pulangnya biar dipesankan ojek online. Untungnya si Mpunya motor setuju. Saya sengaja memberi alamat rumah kakak sepupu biar suaminya bisa mengecek untuk yang kedua kalinya sebelum saya kasih uangnya. Malam itu jadilah malam terpanjang penantian. 

Jam 9 malam kurang, ada motor yang berhenti di rumah kakak sepupu. Gak lama kemudian, suara langkah mendekat ke arah pintu yang sedari tadi dibuka.
“Assalamu’alaikum,” sapanya.
“Wa’alaikumsalam,” jawab saya.
“Ibu Rina?” tanyanya sopan.
“Ya, saya?”
“Saya Toni, Bu, yang jual motor di OLX.”
Saya langsung tercengang. Pemilik motor itu ternyata orangnya ganteng. Hahaha …



1 comment:


  1. Domino206 Mengucapkan Selamat tahun baru 2019
    Di tahun 2019 Persentase menang di tingkatkan !!
    Buruan DAFTAR-kan dan mainkan game nya ^_^
    Dan ada Bonus Tahun baru Lhooo
    Langsung saja kunjungi website kami
    Link Hoki : domino99vip.com
    Login dan Mainkan Game nya
    Tersedia 8 Game dalam 1 UserID
    Ayo Gabung bersama kami di domino99vip.com
    Jangan Menunda Kemenangan Bermain Anda ! Segera Daftarkan User ID nya & Mainkan Kartu Bagusnya.
    Kami hadirkan permainan Terbaik dari DOMINO206 permainan
    dalam website
    Pusat Game Domino ONline Terpercaya Se-Asia
    Hanya cukup menggunakan 1ID saja anda sudah bisa menikmati 8 game Populer

    - Domino99
    - BandarQ
    - Poker
    - AduQ
    - Capsa Susun
    - Bandar Poker
    - Sakong Online
    - Bandar 66

    Tunggu apa lagi silahkan Registrasi diri anda bersama kami.
    Dan nikmati kembali BONUS REFFERAL terbesar 15% untuk anda.
    Untuk lebih informasi lebih lanjut kalian bisa langsung berdikskusi
    langsung dengan CS handal.

    MInimal Deposit 20rb
    Minimal Witdraw 20rb

    BBM : 2BE3D683 / E3EE3B63
    WA : (+85587480626)
    LINE : DOMINO206
    IG : domino_206


    Link Alternatif
    = domino99vip.com
    = pelangidomino.info
    = pelangidomino.net

    Bank Online 24 jam (kecuali gangguan)
    - BNI
    - BCA
    - BRI
    - MANDIRI
    - DANAMON

    Salam Kemenangan ^_^

    ReplyDelete