Sunday 4 December 2016

Berbagi Resep Membuat Laksa Betawi yang Lezat dan Nikmat




Berbagi Resep Membuat Laksa Betawi yang Lezat dan Nikmat. Mungkin ini adalah salah satu cara saya buat balas dendam. Ketika bekerja di Hong Kong sebagai Buruh Migran Indonesia, di rumah majikan, perihal masak memasak, saya tidak sebebas seperti yang orang lain bisa lakukan. Padahal jujur saja, saya ingin sekali mencoba berbagai resep masakan yang siapa tahu setelah pulang, saya punya bisnis makanan. Sayangnya, rencana tak sesuai harapan. Oleh karena itu, ketika saya kembali ke tanah air Indonesia, saya pun bertekad untuk menggunakan waktu senggang saya mencoba berbagai masakan khas Indonesia. Satu makanan yang saya incar adalah Laksa. Teman merekomendasikan memasak Laksa Betawi.
 
Laksa menjadi makanan etnis Tionghoa atau kaum peranakan yang bermukim di Semenanjung Inggris. Laksa juga terkenal di Singapura dan Malaysia. Meski begitu, banyak tangan ajaib yang telah mengubah laksa hingga resepnya menjadi bervariasi. Padahal menurut sejarahnya, laksa adalah makanan jenis mie yang diberi bumbu spesial sesuai budaya peranakan masing-masing.


Karena yang dibahas kali ini adalah Laksa Betawi, maka saya akan membagikan resep membuat Laksa Betawi lezat dan nikmat yang telah berhasil saya praktekkan. Yuk, apa aja sih bahan dan bumbunya?

-          Pelengkap

1.   1 bungkus bihun (saya pakai bihun jagung), rendam kemudian tiriskan dan potong-potong agar tak terlalu menjuntai

2.      2 butir telur, rebus kemudian iris menjadi 2 bagian

3.      Toge secukupnya

4.      Tahu pong secukupnya, lalu iris tipis-tipis

5.      Daun kemangi secukupnya

6.      Bawang goreng secukupnya



-          Bahan-bahan

1.      Santan kental sekitar 250 ml dari ½ butir kelapa tua, ampas kelapa bisa dibuat santan encer

2.      ½ ekor ayam lalu potong menjadi 3 bagian



-          Bumbu-bumbu

1.      2 batang sereh (memarkan)

2.      5 lembar daun salam

3.      7 lembar daun jeruk

Untuk dihaluskan

4.      8 siung bawang merah

5.      6 siung bawang putih

6.      1 sendok makan ketumbar

7.      1 ruas jari jahe

8.      1 ruas jari kunyit

9.      1 ruas jari lengkuas

10.  10 buah cabe merah segar

11.  6 butir kemiri

12.  Gula jawa secukupnya

13.  Garam dan penyedap rasa secukupnya



-          Cara Membuat Laksa Betawi

1.      Tumis bumbu yang sudah dihaluskan, masukan sereh, daun salam dan daun jeruk lalu masukan ayam yang sudah dipotong tersebut. Masukan santan encer hingga mendidih. Biarkan ayam matang.

2.      Setelah ayam matang, ambil dan suwir-suwir dagingnya, sisihkan. Kuah yang sudah tidak ada ayamnya kemudian ditambahkan santan kental. Beri gula, garam dan penyedap rasanya secukupnya.

3.      Masukan toge yang sudah dicuci dan tahu pong yang udah diiris tipis-tipis ke dalam kuah. Cicipin kembali sebagai tester terakhir.



-          Cara menyajikannya

Tempatkan bihun dalam mangkuk dan beri suwiran ayam, irisan telur ayam dan kemangi di atasnya. Tuangkan kuah laksa yang masih panas berikut toge dan tahunya. Jangan lupa taburi bawang goreng untuk rasa yang lebih sedap lagi.



Kebetulan sore harinya, Depok gerimis tipis-tipis, malah sempat mati lampu. Adanya masakan Laksa Betawi yang saya buat membuat suasana lebih hangat dan kekeluargaan. Karena menurut saya rasanya enak, saya tak segan membagikannya kepada tetangga dan kakak sepupu. Apa komentar mereka? Katanya uenaaaaaakkkk. Ngeunah kalau kata orang Sunda mah.






Baca juga : Resep Membuat Cilok Alakadarnya yang Lezat di di sini

No comments:

Post a Comment